Friday, April 22, 2005

"Venedig"

Dari Pisa, kita kembali ke jalan2 ke centronya Florenz, trs kita melanjutkan perjalanan menuju Verona. Tiba di Verona kita lgs menuju Hotel Holiday Inn yg sebelumnya udah kita booking lewat internet juga, sudah larut malam jam 00.30 kita masuk hotel. Besok paginya sehabis frühstück (sarapan) jam 10, kita melanjutkan perjalanan menuju Venezia. Sampe di venezia sekitar jam 12.

Stadtporträt: Venedig

Image hosted by Photobucket.com

Venezia, Italia atau Venedig (german)...adalah salah satu kota Romantis, pantas saja kalo kota ini mendapat julukan sebagai "kota cinta" didunia selain Paris (spt. yang ditulis oleh Bondan Winarno di Jalan Sutra). Tapi buat aku & suami, Venezia adalah kota yang paling romantis :-) . Di Siang hari yang cerah aku, suamiku, riri, rayhan & juga oom yose-nya kita berjalan kaki menyusuri & mengelilingi kota Venezia. Karena kota ini dikelilingi dengan air maka lumayan jauh tempat kita parkir mobil ke pusat kotanya.
Foto pemandangan kota Venezia ini kita ambil dari lantai 10 paling atas, tempat parkir mobil kita.
Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com

lucu, bagus, indah..pokoknya semua kata2 bisa terlukis disini rasanya dengan kekaguman akan kota ini. Kita jalan kaki dgn melewati lorong-lorong/gang-gang kecil, juga kita melewati bbrp jembatan2 kecil menyeberangi air & menyusuri sepanjang airnya di Canal Grande, juga perahu Gondola-nya yg terkenal khas Italy wuahh kayaknya asyik bgt deh naik itu. Tapi sayang mahal krn konon ktnya pendapatan mereka ini hanya dari sana dari turis yg datang. Wuahh...bener asyik perjalanan menuju centronya Venedig yg dikenal dgn nama Basilica di San Marco, sebuah Duomo yang besar, indah & terkenal juga merupakan tempat diadakannya acara2/ pesta2 spt Karnaval. Venedig juga dikenal dgn kota Karnaval dgn ciri topeng2nya. juga terkenal dgn Mosaik, kristal2 juga perlen (perhiasan kalung, gelang).

Canal Grande

Ca'd'Oro
Den schönsten Palazzo am Canal Grande

Ponte dei Sospiri
Die Seufzer, nach denen die Brücke benannt ist, waren die der Gefangenen, die nach ihrer Verurteilung im Dogenpalast ins Gefängnis geführt wurden.

Brücke (jembatan
), merupakan sarana jalan darat yg menghubungkan satu tempat ke tempat lainnya. Dengan bentuk jalannya yang berlorong2 (gang2 kecil) & dengan bermodalkan peta, kita & juga para turis lainnya, jalan kaki melewati lorong tsb. menuju San Marco yang merupakan pusat turisnya, sambil sesekali melihat arah & nama jalan yg terpasang di sudut atas tembok. sekitar 1 jam dgn jalan kaki, sambil sesekali menikmati pemandangan dan juga melihat toko2 souvenir jg yg menual kerajinan tangan khas italy spt. kristal & perlen, juga butik2 kecil yg menjual barang dari merk-merk terkenal Italy. Benar2 unik & mengagumkan, serasa jadi pramuka...bermodalkan peta, melintasi bbrp jembatan & keluar masuk dari lorong satu ke lorong lainnya.

Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com
salah satu lorong jalan menuju pusat turisnya (San Marco)

Ada cerita lucu disini, karena kita baru kembali menuju tempat parkir sudah gelap, alhasil kita nyasar. karena penerangan lampu yg seadanya & jalan yg berlorong2 begitu, kita nyasar keluar masuk gang satu ke gang lainnya, bahkan sering juga mentok di lorong yg buntu. Karena sudah larut & kita gak kenal daerahnya walaupun sudah bermodalkan peta & mengikuti petunjuk yg ada di tembok, tetap aja kita nyasar. Ternyata bukan cuma kita yg nyasar tp ada juga bbrp turis asing lainnya. kita sama2 bersatu mencari jalan keluar sambil mencoba2 jalan...seru memang...sekitar 2 jam kita berputar2 mencari jejak heheh...sampai akhirnya jam 11 malam kita baru terbebas keluar dari lorong2 itu...seru deh, bisa ngebayangkan lorong2nya aja spt.itu !!!

Straße (jalan) yg berbentuk jembatan, merupakan jalan darat. Lainnya jalan air dgn menggunakan perahu Gondola.

menikmati pemandangan ditepi Canal Grande

Ponte di Rialto, merupakan brücke (jembatan) yg terbesar & terkenal jg menjadi salah satu ciri khas dari kota ini. Di Rialto ini banyak deretan kios-kios yg menjual souvenir, juga buah2an, lebih tepat disebut pasarnya venedig.
Rialto

Canal Grande & perahu Gondola
Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com

San Marco

Basilica di San Marco

Palazzo Ducale

Piazza San Marco

Santa Maria della Salute

Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com

Saking asyiknya jalan2 & muter2 krn nyasar tadi hihiihi...yg tadinya kita gak ada rencana nginap di Venezia, krn sudah jam 11 malam, akhirnya kita putuskan untuk nginap disana. Kita putar2 cari Hotel (krn ini diluar rencana, jd kita gak booking dulu lewat internet) smabil berdoa dapat hotel yang bagus & murah hehehe..Alhamdulillah dapat walaupun gak terlalu murah, tapi krn hari sudah larut malam & ada anak kecil juga baby, jadi ya apa boleh buat, kita nikmati aja istirahat kita di kota Venezia, dan supaya segar juga besok kembali ke Karlsruhenya krn perjalanan jauh (sekitar 790 km dari venezia ke Karlsruhe, dgn jarak tempuh sekitar 8 jam 22 mnt) menurut www.routenplanung.de. Kita bermalam di Hotel Michelangelo. Besok apginya sehabis sarapan, kita kembali sebentar ke pusat turisnya untuk ngeposin beberapa postcard buat papa,mama,andin,bapak & ibu, juga untuk Faiz, Astrid, sekolah (kelas)nya Riri (yang diminta untuk acara liburan anak sekolah), jg buat Ute & Johanna. Sambil sedikit cari2 souvenir, sekitar jam 5 sore kita melanjutkan perjalanan pulang menuju Jerman (Karlsruhe). Tancap perjalanan terus...tanpa berhenti kecuali di tankstelle (isi bensin), Alhamdulillah akhirnya kita tiba dirumah tepat jam 3 dini hari.